Wednesday, March 4, 2009

Don't worry about a thing

Pernah denger lagunya BOB MARLEY yang ada liriknya seperti judul itu ga yah? Judul sebenernya sih "Three little birds". Liriknya mirip lagu "Burung Pipit yang Kecil". Ku suka banget denger lagu itu.

Banyak hal yang terjadi di hidup ini yang selalu ku tuliskan "Don't worry about a thing, cause every little thing just gonna be alright". Berlebihan kah?

Nope at all.

Hari senin subuh, tanggal 2 Maret 2009, rumah opung aku (ortunya papaku kebakaran). Aku baru tau kabarnya tadi malam waktu kuliah. Lima buah rumah habis terbakar, rumah opungku beserta dua rumah disebelah kanan dan dua rumah disebelah kirinya.

Ada banyak hal yang tidak ku setujui tentang keluargaku, ku pernah berdoa sampai nangis tersedu-sedu about it. Sulit ku rasa, bahkan papaku sendiri sebagai anak sulung dan seorang pelayan tak pernah didengar lagi. Opung aku tinggal sendiri, meski usianya sudah memasuki usia 70 tahun, tapi opung masih kuat. Maklumlah dari dulu sampai sekarang tetep bertani dan bertani. Itu semua dilakukan sendiri dengan bantuan teman-temannya.

Kembali ke cerita kebakaran, rumah opungku tu terbuat dari papan dan setengahnya beton. Dapur itu papannya udah pada lapuk. Antara isi rumah opungku dan tetangga hanya dibatasin papan itu.

Hidup emang sulit. Tetangga opung masih menggunakan kayu untuk masak, itu juga bukan dibeli, cari sendiri. Dan jika lagi beruntung, mereka akan 'mengambil' tongkol-tongkol jagung dari rumah-rumah orang yang habis panen jagung, kemudian tongkol-tongkol jagung itu digunakan sebagai kayu bakar. Hidup emang susah, penuh perjuanagan.


Minggu malam itu, 1 Maret 2009, tetangga sebelah masak pake tongkol-tongkol jagung lagi. Opungku sempat bilang "Eda, ai siram dohot aek jo bara ni api i, mabiar iba" yang artinya adalah bara apinya tolong disiramin soalnya agak waswas gitu. Beliau hanya jawab "Olo Eda, ai mangaloppa tes dope" yang artinya iyah bentar lagi mau masak air.

Dan entah apalah yang terjadi, tongkol jagung yang masih membara oleh api dibiarin nempel di dinding papan yang sudah tua. Alhasil, api mulai menyala-nyala. Orang yang jadi sumber api udah menjerit-jerit "Sian au do apion dabooooooooohhh" yang artinya api ini berasal dariku.
Opung aku yang udah tidur, langsung bangun. Dan mulai padamin api, angkat seember air nyiram-nyiram apinya. Karena air di ember habis, opung ambil satu ember air lagi, eh apinya udah diatas opungku. Tapi opungku terus aja nyiramin air ke api tuh (Opungku emang orang tua-tua yang super.. hehhehe), karna api makin tinggi, opung naik meja sambil nyiram-nyiram air. Sementara para tetangga sudah pada nyelamatin barang-barang dari rumah.
God is soo good, ada seorang lelaki yang masuk ke rumah opung nyadarin opung kalau api tak akan bisa dipadamin, lebih baik nyelamatin barang dan cepet keluar. Meski opung bersikeras, tapi orang itu akhirnya 'menyeret' opung keluar dari api. Karena klo hal itu terlambat dilakukan bisa saja opung 'terpanggang' disana.
Semuanya habis terbakar, tak menyisakan apapun.


Kemaren papa q nelpon kasih kabar meski agak takut, soalnya takut aku syok dan napa-napa. Suara papaku masih parau.

Tapi ada satu hal yang aku sehati dengan papa dan mamaku karna kejadian minggu kemaren.

HAL ITU PASTINYA SEBUAH PELAJARAN DARI TUHAN. Aku sih senang-senang saja dan bersyukur itu terjadi. Pertikayan yang ada diantara adik-adik papaku tadi malam berakhir, orang yang selama ini cueknya ajubileh akhirnya mencair.
Api yang membakar dan menghanguskan semuanya, tapi api itu juga menghangatkan jiwa-jiwa yang selama ini membeku.

Thx God buat kebakaran itu.

------------

KJ. 385 BURUNG PIPIT YANG KECIL
1. Burung pipit yang kecil dikasihi Tuhan.

Terlebih diriku dikasihi Tuhan.
2. Bunga bakung di padang diberi keindahan.
Terlebih diriku, dikasihi Tuhan.
3. Burung yang besar, kecil, bunga indah warnannya,
satu tak terlupa, oleh Penciptanya.


BOB MARLEY lyrics - “Three Little Birds”

“Don’t worry about a thing,
‘Cause every little thing gonna be all right.
Singin’: “Don’t worry about a thing,
‘Cause every little thing gonna be all right!”
Rise up this mornin’,
Smiled with the risin’ sun,
Three little birds
Pitch by my doorstep
Singin’ sweet songs
Of melodies pure and true,
Sayin’, (”This is my message to you-ou-ou:”)
Singin’: “Don’t worry ’bout a thing,
‘Cause every little thing gonna be all right.”
Singin’: “Don’t worry (don’t worry) ’bout a thing,
‘Cause every little thing gonna be all right!”
Rise up this mornin’,
Smiled with the risin’ sun,
Three little birds
Pitch by my doorstep
Singin’ sweet songs
Of melodies pure and true,
Sayin’, “This is my message to you-ou-ou:”
Singin’: “Don’t worry about a thing, worry about a thing, oh!
Every little thing gonna be all right. Don’t worry!”
Singin’: “Don’t worry about a thing” - I won’t worry!
“‘Cause every little thing gonna be all right.”

No comments: