Thursday, January 17, 2013

Bubu Ayam Tak Berbayar


Suasana hari ini tetep dingin-dingin empuk meski AC dimatiin tetep aja adem jadi malas, pengen rasanya narik selimut, linggu-linggu (guling-guling) sambil megang remote TV milih-milih channel.
Sehabis saat teduh, langsung mandi. Puji Tuhan, sepertinya semua anak kosan sedang linggu-linggu ini, air panas di shower kerasa banget, tidak seperti biasanya. Mungkin karena pengumuman kuliah diliburkan kali yah. Maka proses linggu-linggu bisa diperpanjang. :)
Seperti biasanya setelah beres-beres singgah dulu di abang gerobak buryam (bubur ayam). Dengan sangat PEDE mesan, 'bang bungkus 1, kerupuknya dipisah, kecapnya banyak, sambelnya dikit aja'. Hujan yang menyisakan gerimis masih awet aja, menyebabkan pelanggan si abang buryam telat berkunjungnya. Sehingga pesanan segera tersedia dalam 1 menitan.
Rogoh dompet, rogoh tas, rogoh saku celana. 'Duit sepuluh dan dua puluh ribuan kemaren dimana yah?'
Oh My God, aku gak punya uang, yang tersisa hanya Rp 1.500,00. Dengan sedikit malu dan pasang muka tembok 'Bang bisa aku bayar nanti atau besok gak bang? Soalnya duit tunainya udah abis'
Untung abang buryam baik dan bilang 'Gpp'
Dengan cepat ambil bungkusan dan bilang 'Makasih bang'
Aduh.....
Masih melangkah 20m dari si abang buryam, eh uangnya ketemu disaku jaket. OhMiGot.... :(
Mau berbalik antara kehujanan dan takut telat ngantor.
Yah sudahlah, besok sajalah toh juga besok pasti kesitu lagi beli buryam.
Panjang umur, banyak rejeki dan sukses usaha buryam-nya yah bang. :) 
Mungkin karna kewaba suasana kuliah dulu, rumus berhemat itu salah satu dengan narik uang di ATM pas-pasan aja sesuai list kebutuhan. :). Jadilah seperti ini.
Pelajaran terpenting buatku adalah, jangan sembarangan menaruh uang, taruhlah uang pada tempatnya. Kalau kata mama ku, telinga aja asal diletakin gitu aja bisa ilang dan kelupaan apalah lagi uang :P.
Sepertinya perlu juga menyisakan uang 'darurat' di tas. :). Biar persediaan tetep ada meski duit dalam dompet tidak ada.
Dan sepertinya, mulai sekarang jangan pasang prinsip pas-pasan ambil duit lagi. :) 

No comments: